X
Home / Blog / Jatuh Cinta Pada Singapura Karena Muslim-Friendly

Jatuh Cinta Pada Singapura Karena Muslim-Friendly

Views: 24

SINGAPURA tak hanya negara dengan sejuta pesona akan modernitas tapi juga ramah untuk wisatawan Muslim. Sama seperti Indonesia, Singapura juga merupakan negara multibudaya dan multiagama.

Ketika berlibur ke negara lain, yang cukup jadi pertimbangan oleh wisatawan Muslim adalah mengenai keberadaan tempat ibadah dan restoran halal. Jika berlibur ke Singapura, hal-hal tersebut tidak perlu dikhawatirkan karena di sana masjid dan musala mudah ditemukan. Begitu juga dengan restoran halal.

Itulah yang membuat Rizky Amelia, influencer yang kerap memadupadankan fashion hijab di akun Instagram @ameliaelle, jatuh cinta pada Singapura. Ketika ditanya pengalaman liburan apa saja yang membuatnya sangat menyukai Singapura, berikut adalah jawabannya:

Suasana Ramadan-nya Bikin Pengin Balik Lagi

Amel mengaku rindu berat dengan momen Ramadan tahun lalu di Singapura. Saat itu, dia mengikuti Celebfest Ramadan di Suntec City. Sambil berbelanja tren mode terbaru dan mencicipi jajanan, Amel menyaksikan panggung Rentak Raya yang dihadiri oleh lebih dari 70 selebritas Indonesia, Malaysia, dan Singapura.

Dia juga sempat menikmati keceriaan Ramadan di Geylang Serai Bazaar. Ada sekitar 500 lapak yang menjajakan makanan halal, pakaian, make-up dan aksesori yang digelar di salah satu permukiman Melayu tertua di Singapura ini. Keramaian di Geylang Serai Bazaar semakin semarak dengan kerlip lampu warna‐warni dan beragam carnival games. Sangat terasa kalau Ramadan adalah momen yang spesdial.

Gampang Cari Toko Buku Tentang Sejarah Islam

Bagi Amel yang gemar membaca, dia dimanjakan dengan toko buku unik di bangunan bersejarah di Bussorah Street. Toko itu bernama Wardah Books yang menyediakan buku‐buku tentang sufisme, sejarah Islam, dan filsafat Islam.

Amel juga mengunjungi Masjid Sultan di Kampong Gelam, sebuah kawasan Muslim di utara sungai Singapura. Sambil beribadah, dia sempat mempelajari kehidupan muslim dan pengaruh Timur Tengah di Singapura. “Berbelanja buku keagamaan, berbuka puasa dengan masyarakat dari berbagai kalangan, serta beribadah di masjid bersejarah adalah kunci malam Ramadan di Singapura yang berkesan bagiku,” lanjut Amel.

Banyak Tempat Belanja, Banyak Diskonnya

Ke Singapura, belum lengkap kalau belum belanja! Shopping pun menjadi agenda wajib Amel. Dia menyempatkan untuk belanja di berbagai spot terkenal seperti Orchard Road. Kawasan perbelanjaan yang terletak di Central Area Singapura ini memiliki sejumlah mal kelas atas mulai dari Lucky Plaza, ION Orchard, Paragon, TANGS, Ngee Ann City, serta Orchard Central. Semuanya menawarkan koleksi menarik, baik dari brand lokal maupun internasional.

Dia merasa beruntung karena ketika berkunjung ke Singapura saat itu sedang ada event Great Singapore Sale (GSS). Event belanja besar yang memberikan penawaran harga menarik selama lima pekan dari sejumlah brand ternama. Tentu saja, banyak diskonnya.

Dia mengaku sempat pesta belanja di GSS tahun lalu. "Wah, next time kalau ikut GSS lagi, wajib nyiapin daftar belanja. Kalau enggak, kita bisa khilaf karena koleksinya bagus-bagus dan harganya menarik banget!” cerita Amel.|

Wisata Kuliner Halal

Menemukan kuliner halal di Singapura tidaklah sulit. Aneka makanan halal sangat mudah ditemukan, seperti di Kampong Gelam atau Geylang Serai. Tak ketinggalan, banyak tempat yang menggelar event festival kuliner halal di sana.

Amel pun merasa lebih nyaman mencicipi kudapan Singapura sebab Majlis Ugama Islam Singapore (MUIS) telah mengeluarkan sertifikat halal yang menjamin kebutuhan konsumen Muslim. Dengan sertifikat itu, pengunjung bisa melihat berbagai logo halal MUIS di restoran maupun kemasan snack dan makanan.

“Sebagian besar produk mi instan, kue, dan snack di Singapura sudah punya label halal yang diterbitkan MUIS. Tentu saja, sebagai pelancong berhijab aku merasa seperti di rumah sendiri. Wah, jadi superkangen sama Singapura!” ujar Amel.

Dengan semua kenyamanan yang ditawarkan Singapura pada wisatawan, alasan utama yang bikin Amel jatuh cinta pada negara ini adalah karena Singapura merupakan destinasi yang muslim-friendly. Makanan halal, perayaan keagaman, dan kenyamanan beribadah dapat ditemukan dengan mudah!

Berkaitan dengan pandemi, saat ini Singapura sedang memasuki tahap new normal atau tatanan baru. Sebagian aktivitas ekonomi dan sosial telah dibuka secara bertahap, sesuai dengan standar protokol Safe Management Measurement yang berlaku

Untuk memastikan keamanan pengunjung, setiap atraksi wisata, restoran, pertokoan, dan lokasi ikonis Singapura lainnya telah dilengkapi dengan kebijakan SafeEntry. Lewat aplikasi SafeEntry, pengunjung akan melewati proses tracing saat check in dan check out dengan memindai barcode yang tersedia di pintu masuk lokasi.

Segala informasi mengenai situasi Covid-19 di Singapura adalah akurat berdasarkan sumber resmi berikut ini. Tunggu apa lagi? Yuk, canangkan rencana liburan yang tak terlupakan di Singapura kelak! Info lebih lanjut, klik www.visitsingapore.com.(*)

Author
TBO Academy